Selamat datang di Blog kami. Nikmati fitur-fitur sederhana kami. Be the true of teenagers, keep your smart, keep reading our blog . . .! :-)
02.20

Cara Belajar yang Benar

Diposting oleh The Fresh Five Oranges

Hmmmm . . . mungkin banyak diantara kalian yang merasakan rasa gugup, tidak tenang. whatever. Nah, kami mempunyai tips yang (mungkin) dapat memabtu kalian dalam neghadapi ulangan atau ujian.

A. Lingkungan Belajar
Lingkungan tempat belajar kamu dapat memberikan pengaruh, seberapa efisien kamu belajar,. Perhatikan berbagai kondisi di tempatmu belajar! Kondisi yang kamu temui misalnya seperti berikut.

1.Kebisingan
Sedapat mungkin, usahakan untuk mengurangi bunyi yang dapat mengganggu konsentrasi belajar kamu. Biasanya, konsentrasi akan lebih tinggi di saat suasana hening. Namun, beberapa dari kamu (mungkin) terbiasa dan bisa berkonsentrasi saat mendengarkan bunyi(musik maupun televisi). Cari tahu dan tanyakan pada dirimu, kondisi mana yang lebih cocok membuatmu bisa berkonsentrasi untuk belajar.

2. Amankan dirimu dari gangguan saat belajar
Gangguan bisa saja datangkeluarga atau mungkin juga temanmu. Klau kamu sedang ingin tidak diganggu, sebaiknya kamu pasang saja pemberitahuan di pintu bahwa kamu sedang belajar. Matikan ponselmu atau jika ada yang menelepon kle rumah beri pesan pada orang rumah agar menanyakan keperluan, pesan atau mungkin meminta penelepon menghubungi kembali saat kamu sudah selesai belajar.

3. Penerangan
Menggunakan lampu penerangan yang cukup (tidak redup atau menyilaukan") dapat menunjang aktifitas belajarmu. Pastikan penempatan lampu jangan terlalu dekat serta perhatikan letaknya. Sebisa mungkin kamu cegah timbulnya bayangan yang menutupi buku saat menulis atau membaca.

4. Suhu
Pastikan temperatur tempat belajarmu sejuk dan kamu merasa nyaman belajar. Kalo dirasa perlu, pasang kipas angin atau mungkin AC, setel saja suhu 20-23°C.

5.Kerapian
Sediakan tempay yang cukup lapang, jangan terlalu banyakmenumpuk barang diatas meja belajarmu. Sebelum belajar, ada baiknya kamu meluangkan waktu sejenak untuk membereskan dan kalo perlu menyiapkan segala sesuatu yang kamu butuhkan.

6.Kenyamanan
Usahakan, tinggi meja dan kursi sesuai. Lebih baik lagi kalo kamu menggunakan kursi dengan sandaran tegak untuk menopang punggungmu dan mencegah nyeri punggung. Hindari belajar di tempat tidur. Belajar sambil tiduran cuma bikin kamu cepat ngantuk.

7.Sarana Penunjang
Siapkan semua hal yang kamu perlukan seperti buku, alat tulis, kertas, minuman, kamus, computer dan kalkulator. Jangan menghabiskan waktu dan berhenti hanya karena mencari sesuatu yang kamu butuhkan.

8. Rajin bertanya
Pepatah bilang, malu bertanya sesat dijakan. Duh, hari gini mah udah ga' zamanya malu-malu nanya lagi, apa lagi malu-malu'in. Trus, kapan majunya? Lagian, nanya itu kan gampang dan gratis(kadang-kadang). Waktu di sekolah guru atau dosenmu nerangin pelajaran, 'kan kamu gak selalu merhati'in 100% (lho kok? Hayo . . ngaku :-p) Mungkin berbagai alasan (biasanya sih, ngobrol atau pas kebetulan gebetanmu lewat) materi dosen atau guru lewat begitu saja. Nah, klo gitu jelas ada beberapa bagian yang kamu ga' ngerti dong. Apa salahnya kalau kita nanya ke sang guru?


Nah, setelah point-point diatas telah kamu lakukan, ada satu nih. Yaitu kamu musti konsentrasi . Yah, mungkin ya emang sulit untuk berkonsentrasi jika ada satu atau beberapa hal yang terus ada di pikiran kamu. Nah, ini adalah cara untuk melatih konsentrasi kamu agar kamu dapar belajar dengan benar. Coba terapkan sistem baru ini dan berkonsentrasi penuh tanpa :
  1. Diinterupsi oleh telepon, baik itu menerima maupun menelepon Bilang sama Mama, atau siapapun yang selalu mengangkat telepon. "Tulis saja siapa yang call dan tanya pesanya. Nanti ditelepon balik".
  2. Lihat meja belajar kita dan rapikan dulu, Buat persiapan yang lebih baik jangan mendengarkan radio dan jangan melihat cermin. Mau ngemil?? Lupakan saja sejenak.
  3. Pokoknya kalau kamu sudah duduk di depan meja belajar kamu, jangan terpikirkan untuk ngobrol dengan orang lain, meniggalkan tempat duduk, apalagi sampai berkeliaran dari satu ruangan ke ruagan lain.
  4. Sabar dan tabah, Dijamin kalau kamu bisa tahan menjauhkan gangguan diatas ide - ide baru untuk menyelesaikan tugas itu bakal ngalir.